Kegiatan-kegiatan ATL

PROGRAM ATL 2015 – BIMBINGAN TEKNIS PELESTARI TRADISI

Dalam rangka meningkatkan kompetensi para pelaku tradisi dan pegiat budaya, Asosiasi Tradisi Lisan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, beserta Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pelestarian Tradisi Lisan tingkat dasar di Hotel Savero Golden Flower, Bandung selama tiga hari (14 s.d. 16 Desember 2015).


Pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para peserta, khususnya di bidang pelestarian tradisi. Pelatihan tersebut diharapkan memberikan pengetahuan sekaligus keterampilan untuk mendata, melakukan dokumentasi tradisi, sekaligus mengenalisis berbagai permasalahan pelestarian. Para peserta dibekali dengan modul dan seminar dengan para pembicara yang ahli di bidang tradisi, seperti Dr. Pudentia MPSS, Djabatin, Shabri Aliaman, Dr. Ninuk Kleden, Prof. Dr. Yus Rusyana, Prof. Dr. Suwardi Endraswara, dan Dr. Mukhlis Paeni.
Pelatihan pelestari tradisi akan dilaksanakan pada tiga tingkatan, yakni tingkat dasar, madya, dan mahir. Pada tingkat dasar, para peserta diharapkan dapat memenuhi kriteria sebagai calon pelestari tradisi yang dibuktikan dengan tercapainya kompetensi tertentu sehingga dapat melanjutkan ke pelatihan tingkat madya. Begitu pula dengan para calon pelestari tradisi tingkat madya harus memenuhi kompetensi tertentu agar dapat mengikuti pelatihan tingkat mahir.
Selain mendapatkan ilmu, keterampilan, dan pengalaman, pelatihan tesebut juga menjadi media pengenalan dan pertemuan para pelaku tradisi dari berbagai daerah di Indonesia. Pelatihan tersebut juga menjadi media silaturahmi dan media berbagi informasi mengenai tradisi di Nusantara.

Seminar Sehari Menyambut Kepala KITLV Jakarta Yang Baru

ATL dan Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kemendikbud akan menyelenggarakan Seminar Sehari menyambut Bapak Marrik Bellen, Kepala KITLV Jakarta yang baru. Topik Seminar ini adalah "Pengkisahan dalam Tradisi Lisan Nusantar" dan akan menampilkan:Asrif La Madira: "Kabanti dari Wakatobi"
Fatmawati: "Besesombu Riau"
Imam Muhtarom: "Reyog Bulkiyo Blitar"
Erlis Nur Mujiningsih: "Ludruk"
Abdul Rohim: "Sohibul Hikayat"
Amalia Susamto: "Dul Muluk"

Pementasan Sohibul Hikayat oleh Yahya Andi Saputra.Acara ini akan diselenggarakan pada:
Hari: Rabu, 2 Maret 2016
Waktu: Pukul 10.00 - 16.00
Tempat: Jalan Daksinapati Rawamangun Jakarta Timur

ULANG TAHUN ASOSIASI TRADISI LISAN


Pada 19 Desember 2015 lalu, Asosiasi Tradisi Lisan merayakan ulang tahun yang ke-25. Acara terseut dihadiri oleh para pengurus ATL yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Pada ulang tahun ATL yang ke-25, Asosiasi Tradisi Lisan meluncurkan website resmi sebagai media yang memfasilitasi para pelestari tradisi untuk mengetahui program dan kegiatan ATL serta berbagai penelitian yang telah dilakukan di bidang tradisi.

Events Tahun 2011-2012

Presentasi kelayakan bisnis; 21 Maret 2011 di kantor ATL; Untuk mendukung operasional organisasi ATL, perlu diadakan usaha mandiri. Dengan prakarsa dari ketua ATL Sumatera Utara, Prof. Robert Sibarani, menawarkan dan memberi ide usaha pengembangan pohon nira, pengolahan sampah organik. Kelayakan usaha dipresentasikan oleh Prof. Robert Sibarani di kantor ATL.
Rapat koordinasi pengelola KTL; 22 Maret 2011 di DIKTI; Rapat koordinasi ini dilakukan di kantor DIKTI, yang diikuti Pengelola KTL di lima Universitas. Topik pembahasan mengenai evaluasi program KTL dan persiapan penerimaan KTL angkatan III. Selain itu juga dibicarakan mengenai pembentukan konsorsium KTL dan program kerja sama dengan Universitas Leiden ( dual degree)
Seminar kebahasaan Mabbim;  22-23 Maret 2011 di Hotel Sahid Jaya Jakarta; Seminar ini diadakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendiknas. Ketua ATL diundang untuk menghadiri seminar tersebut sebagai peserta, yang kemudian diwakilkan pada Slamet Riyadi Ali.
Persiapan dan survey lokasi di Sulawesi Tenggara; Sebagai langkah awal kerjasama dengan UNHALU dalam kegiatan  Celebrating Diversity, tim ATL melakukan survey untuk menilai kelompok-kelompok seni tradisi yang akan ditampilkan dalam acara tersebut.  Tim survey terdiri dari Pudentia, Sutamat, Jabatin yang dilaksanakan pada 24-29 Maret 2011
Rapat kerja dan penyusunan renstra ATL; Bertempat di Arga Mulya Kecamatan Tugu, Bogor, 1-3 April 2011. Rapat diawali dengan evaluasi program kerja yang telah dilakukan oleh ATL, kemudian dilanjutkan rapat kerja program, penyusunan renstra dan proyeksi kegiatan ATL dalam  beberapa bulan mendatang.
Rapat Pleno Panitia Seminar Celebrating Diversity; Rapat pemantapan kegiatan Seminar Celebrating Diversity dilaksanakan pada 9 April di kantor ATL Pusat.
Menjemput John Foley di Bandara; Rencana kedatangan John Foley (10 April 2011), sebagai rangkaian kunjungan ke Indonesia untuk memberikan Public Lecturer tentang oral tradition. Untuk itu Pak Slamet ditugaskan untuk menjemput di bandara Soekarno-Hatta. Menjelang kedatangannya di Indonesia, kesehatan John Foley terganggu, sehingga batal ke Indonesia. Semua ramgkaian kegiatan yang telah diagendakan tidak dapat dilaksanakan dan dibatalkan; seperti  : 

Speech (Public Lectures) in Faculty of Humanities University of Indonesia, Depok; 13 April 2011.
Speech (Public Lectures) in University of Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara; 14-16 April 2011.
Excursion to Old city, 17 April 2011.
Speech (Public Lectures) in Indonesia University of education, Bandung Jawa Barat, 18-19 April 2011.
Gathering Dinner John Foley, malam 19 April 2011.

Pembuatan film Mendu dan Pementasan Bangsawan, akhir April 2011; Rencana kerja sama dengan EFEO dalam pembuatan film Mendu dan pementasan bangsawan di TIM. Hanya sebatas pembicaraan dan belum terealisasi.
Konfrensi Pers kegiatan Seminar Celebrating Diversity;  Sebagai salah satu langkah untuk menyebarluaskan informasi kegiatan ini, Seminar Celebrating Diversity, dilaksanakan di hotel Bidakara pada 3 Mei 201.
Pembinaan dan pengembangan organisasi; Penyelesaian Masalah Kepengurusan ATL Papua, Pembenahan Kepengurusan ATL Palembang, Jambi, NTB, NTT; Pembentukan KTL di Kalimantan; Beberapa kepengurusan ATL daerah vakum, kepengurusan ganda, sehingga perlu diadakan pembenahan organisasi dan reorganisasi kepengurusan. ATL daerah  Papua perlu penyelesaian akibat adanya kepengurusan ganda. Pembenahan kepengurusan ATL daerah Jambi, Palembang, NTT dan NTB. Tugas ini diamanahkan kepada Slamet Riyadi Ali dan Jabatin Bangun (Juni 2011). 
Sosialisasi KTL; ke beberapa daerah untuk menjaring mahasiswa yang berminat mengambil studi S2 atau S3 dalam kajian tradisi lisan (KTL). Dalam tahun ini sosialisasi di fokuskan pesisir selatan pulau Jawa Juni 2011).
Persiapan Pementasan Makyong di Bangkok Bulan September; Undangan dari SPAFA untuk pementasan Mak yong di Bangkok. Persiapan dilakukan berupa audisi pemain yang akan ikut pementasan, persiapan latihan, perlengkapan dan kostum (Juli 2011).

Event-event Tahun 2010

Workshop pembekalan mahasiswa penerima beasiswa KTL yang akan mengikuti program sandwich di Leiden, Belanda.Program pengadaan dan    penelitian ahli tradisi lisan telah dimulai pada tahun akademik 2009/2010. Program ini merupakan program langka sehingga perlu ditambahkan pelatihan di luar negeri bagi peserta S3, yang dikenal dengan Asosiasi Tradisi Lisan (ATL), Ditnaga-Dikti Kemendiknas, Neso, KITLV Jakarta dan KITLV-Leiden Negeri Belanda. Dalam rangka persiapan keberangkatan mahasiswa sandwich. Program Kajian Tradisi Lisan (KTL) angkatan pertama ke Negeri Belanda, maka diadakan pembekalan, pada hari Jumat 30 Juli sampai denga Minggu, 1 Agustus 2010, bertempat di Hotel Millenium, Jln. Fachrodin, Jakarta Pusat
Pembekalan Mahasiswa penerima beasiswa kajian Tradisi Lisan (KTL) angkatan IIUntuk tahun 2010/2011 telah berhasil diseleksi mahasiswa KTL program S3 sebanyak 25 orang dan program S2 24 orang. Ke 49 Mahasiswa KTL tersebut akan menempuh pendidikan pascasarjana di lima perguruan tinggi yang ditunjuk oleh dikti. Sebagai langkah awal untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi mengenai program KTL-Dikti ini, maka pada tanggal 27-28 Agustus 2010, diadakan pembekalan. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Acacia, jalan Kramat raya. Acara dibuka oleh Dr. R. Purwanto Subroto (Ditnaga-Dikti). Materi pembekalan mencakup; Pengembangan kebijakan DIKTI dan kedudukan program KTL. Manajemen pelaksanaan KTL dan beasisiwa terkait, potensi KTL pada program studi yang ada di universitas pengelola. Substansi keilmuan yang terkait KTL.
Workshop pemantapan materi kuliah KTL bagi dosen pengampu Workshop Pemantapan Materi Kajian Tradisi Lisan dilaksanakan pada tanggal 29-30 Agustus 2010 di Hotel Ambhara, Jln. Iskandarsyah No. 1, Blok M Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan para calon dosen yang akan menyampaikan materi Kajian Tradisi Lisan (KTL). Program KTL memiliki peran strategis sebagai kekuatan kultural dalam pembangunan nasional yang diperlukan oleh bangsa Indonesia dewasa ini. Maka kali ini Direktorat Akademik merasa perlu ikut bergabung membantu dan memfasilitasi penguatan para calon dosen yang akan menyampaiakan materi KTL.
Ketua ATL menjadi delegasi RI pada siding ke-6 Networking of East of Cultural  Heritage (NEACH) pada tanggal 10-11 Juli 2010 di Solo, Jawa Tengah.
Akreditasi ATL dalam Deklarasi Nairobi pada sidang UNESCO tanggal 19 November 2010.
Pelaksanaan Kegiatan LISAN VII tanggal 19-22 November 2010 di Pangkalpinang, Babel.

More...